Label

Kamis, 07 Juni 2012

Indonesian Idol

Kalian pasti tau Indonesian Idol kan? Yang suka disiarkan di RCTI itu?! Nah, disini saya mau menjelaskan bagaimana awal mulanya ada acara reality show yang seperti ini. Mau tau gak?! Langsung saja...


Indonesian Idol adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Pop Idol (Inggris) dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian idola di bidang tarik suara. Indonesian Idol telah menjadi acara realitas terbesar di Indonesia. Sekarang acara ini sudah memasuki musim ke 7. Indonesian Idol dimulai dari tahun 2004 untuk musim pertama. Namun, pada saat musim ke lima (2008), acara ini dihentikan karena ratingnya yang menurun, dan kembali dilanjutkan dimusim yang keenam pada tahun 2010. Pada tahun 2011, acara ini vakum karena diadakannya program MasterChef Indonesia.

Pembawa acara Indonesian Idol saat ini adalah Daniel Mananta. Beliau menjadi Pembawa Acara di acara ini sejak tahun 2006. Sebelum Daniel, ada Irgy Ahmad Fahrezi (2004 - 2005), Amelia Natasha (2004 - 2007), dan Dewi Sandra (2008). Juri - juri untuk saat ini adalah Agnes Monica, Anang Hermansyah dan Ahmad Dhani.

Berikut sejumlah babak yang biasanya diselenggarakan:

1. Audisi : berlangsung dari kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Makassar. Dan berakhir di Jakarta. Audisi kecil juga diadakan di Ambon dan Manado. Kontestan dari Manado dan Ambon yang berhasil maju ke babak berikutnya dikirim ke Surabaya untuk ke babak kedua audisi. Audisi terdiri dari dua babak. Babak pertama audisi yang bertindak sebagai juri adalah orang-orang yang bekerja di SonyBMG. Setelah dinyatakan maju ke babak audisi selanjutnya, kontestan akan berhadapan dengan 4 Juri Indonesian Idol.
Pada musim pertama, terdapat 32.000 orang yang mendaftar dan audisi Indonesian Idol. Jumlah pun bertambah pada musim kedua, yaitu 37.000 orang. Dan pada musim ketiga, 48.000 orang audisi Indonesian Idol ketiga. Kontestan yang ingin audisi diharuskan Warga Negara Indonesia, atau Warga Negara Asing yang minimal tinggal di Indonesia selama 5 tahun. Kontestan harus berumur di antara 16 sampai dengan 26 tahun. Pada musim kelima, umur minimal kontestan dinaikkan dari 16 ke 17 tahun. Dan pada akhirnya umur minimal kontestan diturunkan dari 17 ke 16 tahun pada musim keenam. Pada musim keenam, umur maksimal kontestan diturunkan dari 29 ke 27 tahun. Hasilnya, banyak anak SMA yang berhasil menembus 14 besar.
Kontestan yang akan diaudisi harus membawa tanda pengenal seperti KTP, Kartu Pelajar, Paspor, atau SIM. Serta membawa formulir yang telah diisi dari Situs Resmi Indonesian Idol, atau dari majalah dan koran. Kontestan tidak diperbolehkan audisi bila sedang terikat kontrak dengan perusahaan lain dan sedang mempunyai kontrak rekaman (diperbolehkan jika mempunyai kontrak rekaman di masa lampau); berhasil menembus 11 Besar pada musim pertama, dan 12 Besar pada musim kedua sampai kelima dan musim ketujuh, serta 14 Besar pada musim keenam.

2. Eliminasi :  Peserta yang dinyatakan lolos tahap Audisi akan mendapat Golden Ticket untuk melaju kebabak Eliminasi. Dimana dalam babak ini, peserta akan bernyanyi secara solo, duet dan grup pada musim pertama sampai kelima dan ketujuh, sedangkan pada musim keenam, peserta hanya akan bernyanyi pada 2 sesi, yaitu grup dan solo. Dari babak ini, akan terbentuklah 24 besar (15 besar dalam musim ketujuh) (dalam musim pertama, ketiga sampai keenam dan pada musim kedua dipilih 30 orang, musim ketujuh dipilih 27 orang) finalis yang akan melaju kebabak Workshop.

3. Workshop :  Kedua puluh empat finalis yang dinyatakan lolos babak Eliminasi, selanjutnya akan masuk ke babak Workshop, dimana dalam babak ini, 24 finalis akan dibagi kedalam 3 kelompok. Dan tiap kelompok, akan dipilih 3 orang (musim pertama) dan 4 orang (musim kedua) yang mendapat voting tertinggi melalui SMS. Dan dari masing-masing kelompok akan terbentuklah 12 besar finalis Indonesian Idol.
Namun pada musim ketiga sampai kelima, sistem di atas tidak berlaku, karena di musim kedua hanya ada 3 orang finalis perempuan. Maka pada musim ketiga sampai kelima, 24 finalis dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan jenis kelamin. Selama 3 minggu, akan tersisih peserta dengan voting tertinggi hingga terbentuklah 10 finalis utama Indonesian Idol. Berbeda dengan musim keenam, pada musim ini 24 finalis akan dibagi menjadi 2 kelompok setiap minggunya hingga 5 minggu babak Workshop hingga tebentuklah 10 finalis utama Indonesian Idol.
Namun pada musim ketujuh, sistem yang sudah dilakukan selama enam musim ini tidak dilakukan, karena dimusim ketujuh peserta yang masuk Workshop hanya 15 finalis dan nama babak ini menjadi Top 15. Pada babak ini, 15 finalis akan terbentuk 10 finalis utama yang akan masuk ke babak spektakuler. Mulai dari 5 finalis dengan sms tertinggi hingga 5 finalis pilihan juri. Namun ternyata keputusan tersebut diganti dikarenakan juri ingin memasukan 2 finalis lagi. Sehingga dari babak ini akan dilompat (dari babak Wilcard) menuju spektakuler.

4. Spektakuler :  12 peserta yang lolos di babak sebelumnya akan unjuk kemampuan di babak spektakuler. Babak ini akan berlangsung setiap minggu dan akan menyisihkan satu kontestan dengan voting terendah. Babak spektakuler akan dibuka dengan penampilan semua kontestan dengan menyanyikan lagu tema Idola Indonesia ciptaan Andi Rianto & Monty Tiwa, tetapi pada musim keenam, lagu tema Idola Indonesia tidak dinyanyikan lagi. Akan tetapi pada musim ketujuh, lagu Idola Indonesia dinyanyikan lagi namun dinyanyikan pada akhir acara Spektakuler.
Pada musim pertama, jumlah peserta ada 11 finalis. Pada musim kedua hingga kelima, jumlah peserta ada 12 finalis. Pada musim keenam, jumlah peserta bertambah menjadi 14 orang dan pada Musim Ketujuh jumlah peserta kembali menjadi 12 finalis.

5. Result Show : Sesi ini ditayangkan 1 jam seusai penampilan para kontestan di babak spektakuler. Pada sesi ini line voting akan ditutup dan akan diumumkan siapa kontestan yang akan tersisih. Namun, pada musim keenam, Result Show akan langsung dilaksanakan setelah semua peserta selesai tampil tanpa jeda 1 jam terlebih dahulu.

6. Grand Final : 2 orang peserta yang tersisa akan berlaga dibabak ini. Dengan menyanyikan 3 buah lagu, masing-masing terdiri atas lagu pilihan juri, lagu pilihan peserta, dan lagu yang diciptakan khusus untuk sang finalis.

7. Result Show Grand Final :   Ditayangkan seminggu setelah babak Grand Final. Dibabak inilah penentuan hasil voting dan akan menobatkan peserta dengan voting tertinggi menjadi sang Indonesian Idol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYO KOMENTAR DEMI KEMAJUAN BLOG INI^^ TERIMAKASIH! ^^