Label

Selasa, 05 Juni 2012

SEPUTAR MUSIK! "15 Lagu yang Membutuhkan Tingkat Konsentrasi Tinggi"


Sekarang sudah banyak sekali lagu yang sulit dinyanyikan oleh selain penyanyi aslinya di dunia, ambil saja contoh lagu Trough The Rain milik Mariah Carey yang membutuhkan daya penghayatan yang tinggi dan diakhiri oleh HighNotes yang cukup panjang sampai lagu selesai. Selain itu ada lagu-lagu yang betul-betul sulit dibawakan, apalagi banyak yang tidak berhasil menyanyikannya. Lagu-lagu seperti ini biasanya dibawakan oleh penyanyi tersohor seperti Whitney Houston, Mariah Carey, Led Zeppelin, Celine Dion dan Adele. Berikut 15 Lagu yang Membutuhkan Tingkat Konsentrasi Tinggi, Kita mulai dari yang terbawah dulu:

15) Someone Like You - Adele
Bukanlah lagu tersusah, namun lagu ini perlu penghayatan yang tinggi agar orang mempercayai apa yang terjadi didalam lagu ini. Lagu ini sempat menduduki peringkat 1 Billboard Hot 100 selama 5 minggu.Lagu ini jarang sekali yang berhasil menghayati. Sebagai Contoh Salah satu yang berhasil adalah regina Ivanova, finalis Indonesian Idol 7.
ADELE

14) Whole Lotta Love - Led Zeppelin
Ini juga tentang feeling. saat menyanyi, harus seseksi mungkin (bukan seksi badan) agar tujuan lagu ini tercapai. Contohnya Elise testone yang menyanyikan ini saat American Idol 11.

13) Stuttering - Jazmine Sullivan
Secara teknikal lagu ini sangat susah. Misal, coba nyanyikan nada "doo-doo-doo-.." yang ada di akhir lagu. Atau coba mengatakan kata "Stu-Stu-Stu-stuttering" dengan cara yang benar. Pasti anda akan kesulitan.

12) The Power of Love - Celine Dion
Penghayatan yang susah membuat lagu ini menjadi salah satu lagu terpopuler di dunia. Lagu ini tidak boleh dinyanyikan terlalu powerful karena akan merusak penghayatan kita.

11) I Have Nothing - Whitney Houston
Lagu yang menurut saya adalah lagu yang sangat selektif. Karena yang menyanyikannya haruslah berhayat seperti seorang wanita dewasa. Selain itu, kenaikan nadanya yang tidak terkira adalah salah satu hal yang sangat susah dikuasai.

 

10) Endless Love - Diana Ross and Lionel Richie
 Lagu ini membutuhkan penghayatan dan koneksi antar penyanyinya. Nadanya juga harus tepat pada saat melakukan koneksi antar penyanyinya. Selain itu,Tanga nada lagunya juga harus tetap di tangga itu juga. Salah satu contoh yang terbilang sangat Sukses membawakan lagu ini selain Diana Ross dan Lionel Richie adalah Mariah Carey dan Luther Vandross pada tahun 1994

 9) New York, State of Mind - Billy Joel
 Betul-betul sebuah anthem. Jangan pernah sangat loose waktu menyanyikan ini karena Billy Joel akan sangat marah.

8) Butterfly - Mariah Carey
Lagu ini sangat harus membutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi, jika tidak, satu saja nada yang tidak tepat dapat mengubah perasaan pada lagu tersebut.

7) I'm Your Baby Tonight - Whitney Houston
Jika anggap lagu ini lagu yang seperti main-main, maka anda salah total, JANGAN ANGGAP LAGU INI MAIN-MAIN. Sekali anda gagal, anda langsung dikritik habis-habisan. Lagu ini bertempo sedang-cepat, namun liriknya yang sangat panjang membuat kita kesusahan mengucapkan tiap kata dalam liriknya.

6) One Sweet Day - Mariah Carey ft.Boyz II Men
Lagu yang teknikal dan penghayatannya sangat susah. Itu sebabnya mengapa lagu ini berada 16 minggu berturut-turut di Number one Billboard.

5) My Heart Will Go On - Celine Dion
Merupakan lagu yang sangat membosankan jika tidak dibawakan dengan benar. Dengan itu, otomatis jika lagu ini adalah salah satu lagu legenda.

4) Yesterday And Today - The Beatles
Lagu ini sangat 'berbisik'. Suara sang penyanyi betul-betul seperti berbisik. Karena itulah lagu ini terbilang sulit. Dengan cara yang betul, lagu ini menjadi top.

3) Without You - Mariah Carey
Jika dibandingkan dengan lagu-lagu Mariah Carey, ini adalah lagu yang 'salah sekali,salah seterusnya'. Lagu ini butuh ketepatan tinggi dalam penghayatan.

 2) I Will Always Love You - Dolly Parton - Whitney Houston
 Lagu ini pertama kali dibawakan Dolly Parton. Lagu ini mendapatkan banyak sekali penghargaan. Setelah adanya Whitney Houston, lagu ini melegenda. Sampai kemana-mana. hanya beberapa orang saja yang dapat menyanyikannya.

 1) Vision of Love - Mariah Carey
     Lagu ini disebut-sebut sebagai lagu paling sulit dibawakan. Jika anda bisa menyanyikannya dengan langsung    naik 3 oktaf dalam satu tarik suara, maka anda orang hebat! Atau jika anda dapat menyanyikan dengan menggunakan sangat banyak teknik melisma, maka anda orang yang luar biasa! Lagu inilah yang memuncakkan Mariah Carey pada kesuksesan. Lagu yang mendapatkan penghargaan grammy dengan performa vokal terbaik 1991.

3 komentar:

  1. Mau saran aja nih, menurut gue lagu yang susah buat dinyanyiin itu adalah 'love on top' dari beyonce. Agan bisa dengerin sendiri lagunya. Kalo lagunya mariah yang susah ya menurut gue yang 'I want to know what love is'

    BalasHapus
  2. If you think you can sing Mariah Carey’s song, think again.

    Berpikirlah dua kali sebelum menyanyikan lagunya. Suatu kali American Idol pernah mewajibkan pesertanya untuk menyanyikan lagu-lagu Mariah Carey. Hanya dua atau tiga saja peserta yang bisa menyanyikan dengan baik. Salah satunya adalah David Cook dan david archuleta dan kemudian mereka berturut2 menjadi juara 1 dan 2 kontes tersebut. Yang kini mereka telah meraih kesuksesan. Begitulah gambaran sulitnya lagu-lagu Mariah Carey.

    2 kemungkinan nyanyiin lagu mariah: berhasil tapi gak sebagus original, gagal dengan tragis.

    Yang berhasil rata2 jadi artist sukses, contoh rihanna (hero), leona lewis (without you), ariana grande (emotions)

    (Yang dikurung itu lagu yg berhasil di cover mereka)

    Satu lagi nih faktanya, mariah carey itu pemilik single #1 (chart 1) terbanyak di dunia untuk kategori penyanyi solo, kedua setelah the beatles untuk kategiri keseluruhan, terus dia pemilik lagu di puncak terlama #1 billboard, one sweet day (90') dan we belong together (00') dua dekade itu berturut2. So gamungkin kan lagu2 dia ga terkenal? Tapi jarang kan kita denger orang yang cover? Memang lagu dia semuanya kedengarannya mudah, tapi kalo dicobain, hadeuh butuh teknik khusus dan bakat :D

    BalasHapus
  3. begoo lu dah ciplak ga trima jjga sran orang duunggu mampus ajh lo

    BalasHapus

AYO KOMENTAR DEMI KEMAJUAN BLOG INI^^ TERIMAKASIH! ^^